Selasa, 03 Januari 2012

PAHALA DAN DOSA GAYA MULTI LEVEL
kita seing kali mendengar istilah bisnis seperti multi level yang sangat menggiurkan,.... dengan dapat merekrut beberapa orang kita bisa naik kelevel berikutnya sesua tangga jabatan yang telah dijanjikan. semakin kita bisa merekrut banyak orang, sedang orang yang telah kita rekrut bisa merekrut orang yang lain dan seterusnya, maka semakin tinggi level jabatan yang kan kita duduki. tapi kali ini bukan bisnis yang kita bicarakan namun hal-hal yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari menyangkut kelakuan baik dan buruk yang mengakibatkan kita mendapat pahala dan dosa. Nah,.... seperti halnya kita mengajarkan sesuatu hal yang baik kepada orang lain maka kita kan mendapat nilai yang positif (pahala) dari perbuatan baik kita mengajarkan hal yang baik kepada orang lain. kemudian orang yang kita ajarkan untuk melakukan yang baik itu mengajarkanya kepada orang lain dan seterusnya, maka kita kan tetap mendapat pahala dari orang-orang yang telah berbuat baik menurut yang kita ajarkan pertama kali. walaupun kita duduk maka kita kan tetap mendapat pahala dan terus mengalir dari orang-orang yang telah kita ajarkan. semakin besar rantai maka semakin mengalir pahala yang kita peroleh.
begitu juga sebaliknya, jika kita mengajak sesuatu yang negatif kepada orang lain (perbuatan maksiat) maka kita juga akan mendapat hal yang serupa yaitu dosa yang terus mengalir, maka kita harus hati2 tentang semua ini,....
kita ambil contoh saja: (sebuah produk)
PAKAIAN WANITA, wanita yang seharusnya mempunyai keterbatasan berpakaian seperti harus menutup aurat yang sekarang ini bisa dikatakan langka untuk umat muslim pada umumnya, kini tak lagi laku di pasaran. dan sekarang ini bermunculan model pakaian yang yang begitu unik dan begitu menggiurkan kaum adam. karena begitu minimnya pakaian yang dirancang hingga sebagian besar tubuh wanita terlihat begitu jelas lekuk tubunya bahkan hingga bagian tubuh yang seharusnya disembunyikan kini tak lagi jadi rahasia, dan anehnya sipemakai enjoy dan leluasa seolah memang telah disengaja. entah karena apa pakaian seperti ini dirancang. mungkin karena keterbatasan bahan baku atau apa sehingga pabrik tak mampu lagi membuat pakaian yang lebih pantas untuk umat muslim. atau memang kebnykan wanita sekarang ini merasa gerah atau panas ("SUMUK" dalam bahasa jawa) entah hal lain yang membuat siperancang menciptakn pakaian semacam ini. 
nah..... dari hal ini banyak pelajaran yang harus kita pelajari dan kita kaji.kandungan apa yang terdapat dalam hal seperti ini. tentunya kita tau bahwa batasan aurat seorang muslim telah ditentukan dan dibatasi menurut hukum islam yang ada. jika memang menyimpang dari hukum islam yang ada maka kita tau sendiri apa yang kan kita daptkan. dan tentunya dosa yang kan kita peroleh..... 
lalu kita kembli ke multi level atau rantai dari semua ini... yang pertama kali mendpatkan dosa dari semua ini adalah sang perancang, karena yang pertama kali menciptakan pakaian seperti ini. kemudian yang memproduksi pakain seperti konfeksi pabrik garmen dan lainya. kemudian lagi yang menjual pakaian tak ketinggalan distributor, seles bahkan agen semua kecipratan dosanya. selanjutnya sang pemakai bahkan yang mengantar pembelipun ikut dosa jikalau tak mengingatkan sang pembeli/ malah memilihkan. bahkan kita yang nggak memakai ikut kecipratan dosanya karna telah memelototinya. 
dari semua ini berapa banyak dosa yang telah tercipta. tentunya kita tahu kedudukan tertinggi yang mendapat gaji dosa terbesar adalah yang pertama kali menciptakan pakaian seperti itu. semakin banyak pemakai akan semakin besar dosa yang diterima walaupun siperancang tak memakai,... tidur pulas dirumah ia akan kebanjiran dosa dari konsumen yang memakai,....... dan begitu pula urutan-urutan seterusnya. 
ini adalah contoh kecil dari kehidupan dosa dan pahala bak bisnis multilevel, tinggal kita memilih yang mana. jika keselamatan yang kita harapkan tentu kita tau mana yang akan kita pilih. 
banyak sekali contoh-contoh lain yang ada dalam kehidupan ini.......
jadi kesimpulanya, mengajaklah kedalam hal-hal kebaikan jangan mengajak hal yang mengakibatkan dosa.


aku yakin manusia pasti mempunyai hati nurani, yang tau mana yang baik dan mana yang jelek, dan seburuk-buruknya manusia pasti hati nuraninya akan memilih hal yang baik tergantung seberapa iman yang dipunyai.... aku berbagi karna kita adalah saudara seiman dan segama yang saling mengingatkan....




by adam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar